KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA PEMERINTAHAN DESA DI KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS (Studi Implementasi Undang Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik)

Ambari -

Abstract


Penelitian merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan mendiskripsikan kualitas pelayanaan publik pada pemerintahan desa di Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Penentuan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling, teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Model Analisis Interaktif.

Kesimpulan hasil penelitian kualitas pelayanan public pada pemerintahan desa di Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas cukup baik,dilihat dari beberapa aspek: (1) Aspek tangible: sarana-prasarana perkantoran cukup memadai, kenyamanan kantor cukup, akses masyarakat untuk mendapatkan pelayanan cukup mudah,disiplin aparat cukup baik. (2) Aspek reability: SOP mengacu pada undang-undang dan peraturan yang berlaku, kecermatan aparat dalam pelayanan cukup baik, tiap desa punya aparat yang dapat mengoperasikan computer dengan baik; (3)Aspek responsiveness:  sambutan aparat terhadap pemohon layanan cukup baik. Dengan perangkat aplikasi program komputer, pelayanan dapat diselesaikan tepat waktu,cermat, dan tepat.Apabila ada komplain dari masyarakat segera ditangani aparat. (4). Aspek assurance: ada jaminan penyelesaian pelayanan tepat waktu antara 5 – 7 menit, pelayanan tanpa biaya, legalitas dijamin, aparat tidak menyalahgunakan sarana-prasarana, wewenang dan memegang rahasia jabatan. (5). Aspek Emphaty: aparat dalam memberikan pelayanan cukup santun, ramah,mendahulukan kepentingan pemohon, tidak diskriminatif, dan menghargai pemohon. Implikasi: tata ruang kantor perlu ditingkatkan, demikian juga kapasitas dan kompetensi aparat.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.56681/da.v12i2.8

Article Metrics

Abstract view : 69 times
PDF - 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Majalah Ilmiah Dinamika Administrasi (MIDA) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Wijayakusuma Purwokerto