ANALISIS EFEKTIVITAS PELAKSANAAN 10 PROGRAM POKOK PKK DI KELURAHAN BERKOH KECAMATANPURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS

Dwi Astuti Nurhayati

Abstract


Penelitian ini berjudul Analisis Efektivitas Pelaksanaan 10 Program Pokok PKK Di Kelurahan Berkoh Kecamatan Purwokerto Selatan  Kabupaten Banyumas dan bertujuan untuk mendeskripsikan optimalisasi sumber dana, sumber daya manusia (SDM), menjelaskan interaksi antar organisasi serta partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan 10 Program Pokok PKK di Kelurahan Berkoh Kecamatan Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas.

          Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan survei di Kelurahan Berkoh Kecamatan Purwokerto Selatan  Kabupaten Banyumas.Tehnik penetapan informan ialah purposive yang terdiri dari Perangkat Kelurahan,Ketua PKK,Sekretaris,Bendahara,Pokja, danmasyarakat.Analisis data menggunakan model interaktif dari Miles & Huberman.

          Hasil analisis data menunjukanbahwa optimalisasi sumber dana dan sumber daya manusia dalam pelaksanaan 10 program pokok PKK di Kelurahan Berkoh berjalan cukup baik dan lancar. Interaksi antar organisasi juga berjalan lancar dan baik. Hal ini terlihat dalam kegiatan rutin seperti penyuluhan, pembinaan masyarakat, dan komunikasi serta koordinasi antar institusi yang ada di Kelurahan Berkoh. Selain itu, partisipasi masyarakat menunjukkan antusiasme yang baik dan positif dalam mendukung kegiata-kegiatan PKK.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.56681/da.v12i2.7

Article Metrics

Abstract view : 61 times
PDF - 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Dinamika Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Wijayakusuma Purwokerto