INOVASI PELAYANAN PUBLIK MELALUI PROGRAM E-SAMSAT

Teddy Rusmawan, Supardi Hamid

Abstract


Pemerintah harus berurusan dengan berbagai masalah yang rumit, termasuk akumulasi kereta api, memancing liar, kegiatan calo, dan bahkan kurangnya kesadaran dan keinginan masyarakat umum untuk membayar pajak kendaraan bermotor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan deskripsi yang menyeluruh tentang inovasi layanan E-Samsat, yang merupakan inovasi pelayanan publik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Jenis penelitian ini menggunakan teknik penelitian studi literatur. Karena informasi yang relevan dengan topik atau masalah yang sedang dipelajari dikumpulkan oleh peneliti selama proses pengumpulan data, informasi ini dapat diperoleh dalam laporan penelitian, jurnal, karya ilmiah, tesis dan disertasi, peraturan, ensiklopedia, dan sumber tertulis yang baik dicetak dan dalam bentuk data elektronik. Hasil temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi Layanan e-Samsat memiliki banyak aspek. Dimana Relative Advantage (keuntungan relatif) yaitu kemudahan masyarakat dalam pengurusan pembayan pajak kendaraan bermotor (PKB). Compatibility (kesesuaian) dimana inovasi layanan e-samsat bagi masyarakat sudah sesuai dengan kondisi perkembangan teknologi saat ini. Complexity (kerumitan) dimana inovasi layanan e-samsat dirasa tidak rumit dalam proses pelaksanannya. Kemudian Triability (kemungkinan dicoba) masyarakat yang merespon positif dengan adanya layanan e-samsat. Selanjutnya dari Observability (kemudahan diamati) dengan prosedur pelayanan yang cukup simple secara elektronik.
Keywords; inovasi, pelayanan, e-Samsat

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.56681/da.v20i1.82

Article Metrics

Abstract view : 496 times
PDF - 510 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Majalah Ilmiah Dinamika Administrasi (MIDA) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Wijayakusuma Purwokerto