MENGKAJI EFEKTIVITAS BADAN USAHA MILIK DESA SEBAGAI PENOPANG PEREKONOMIAN DESA (Studi Kasus Kegagalan BUMDES di Desa Beji Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas)

Farida Nur Aini, Taufik Purboyo

Abstract


ABSTRAK
Salah satu program pemerintah yang tercantum dalamundang-undang Nomor 6 Tahun 2014 adalah dapat mendirikan Badan Usaha Milik Desa yang disebut BUMDES, BUMDES dirancang memiliki dua tujuan pokok yaitu meningkatkan perekonomian masyarakat dan meningkatkan PAD. Namun di dalam perjalanannya BUMDES banyak yang tidak berhasil. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ada dua aspek yang paling menonjol sebagai penyebab kegagalan BUMDES. Pertama adalah profesionalisme pengurus dan yang kedua adalah lemahnya pembinaan dan pengawasan dari pengawas dan pemerintah desa. Oleh karena itu yang perlu diperhatikan adalah bagaimana caranya agar BUMDES dapat berjalan secara ketat dengan pembinaan pengawasan yang intensif.

Kata kunci : Efektivitas, BUMDES

ABSTRACT

One of the government programs listed in Law Number 6 of 2014 is to be able to establish a Village-Owned Enterprise called BUMDES, BUMDES is designed to have two main objectives, namely improving the community’s economy and increasing PAD. However, along the way, many BUMDES did not succeed. The method used in this research is descriptive qualitative with data collection through interviews, observation and documentation. Based on the results of the study, there are two aspects that stand out the most as the cause of the failure of BUMDES. The first is the professionalism of the administrators and the second is the lack of guidance and supervision from supervisors and village government. Therefore, what needs to be considered is how to make BUMDES run strictly with intensive supervision.
Keywords: Effectiveness, BUMDES

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.56681/da.v18i1.32

Article Metrics

Abstract view : 302 times
PDF - 296 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Majalah Ilmiah Dinamika Administrasi (MIDA) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Wijayakusuma Purwokerto