Kinerja Pegawai pada Kantor Kecamatan Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas

Dwi Astuti Nurhayati, Setyowati -

Abstract


Abstrak

Tercapainya tujuan organisasi sangat ditentukan dari kinerja dan keefektifan pegawai dalam menjalankan tugas. Kecamatan sebagai salah satu unsur pemerintahan tidak luput dari konsep dasar pelayanan yang harus dilakukan dengan cepat, benar dan aman karena kebutuhan masyarakat yang semakin banyak dan kompleks sehingga mengharuskan pegawai untuk menjaga dan meingkatkan kinerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kinerja pegawai di Kecamatan Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, sedangkan informannya adalah pegawai di kantor kecamatan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja di Kecamatan Purwokerto Selatan dapat dikatakan baik, namun masih ada masyarakat yang kurang mengerti terkait persyaratan-persyaratan yang harus dilengkapi, untuk itu perlu adanya sosialisasi dan membangun komunikasi yang baik antara pegawai dan masyarakat, serta perlu penambahan sarana prasarana yang mendukung kinerja pegawai.

Kata Kunci: kinerja, mutu pekerjaan, kejujuran, inisiatif.

Abstract

The achievement of organizational goals is largely determined by the performance and effectiveness of employees in carrying out tasks. Subdistricts as one of the elements of government cannot escape from the basic concept of service that must be done quickly, correctly and safely because of the increasingly large and complex needs of the community that require employees to maintain and improve their performance. This study aims to describe the performance of employees in the District of South Purwokerto, Banyumas Regency. The method used in this research is descriptive qualitative, while the informants are employees in the district office. The results showed that the performance in South Purwokerto Subdistrict could be said to be good, but there were still people who did not understand the requirements that had to be completed, for this reason there was a need for socialization and building good communication between employees and the community, and the need for additional infrastructure to support employee performance.

Keywords: performance, quality of work, honesty, initiative.  


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.56681/da.v17i1.17

Article Metrics

Abstract view : 205 times
PDF - 47 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Majalah Ilmiah Dinamika Administrasi (MIDA) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Wijayakusuma Purwokerto