EVALUASI PROGRAM SODAKOH CANTING SEBAGAI UPAYA PENURUNAN STUNTING DIKELURAHAN KOBER KECAMATAN PURWOKERTO BARAT

Kurniadi Rahmat, Sartono Sartono, Nidya Ayu Wulandari

Abstract


Stunting adalah suatu kondisi dimana tumbuh kembang anak tidak normal seperti anak pada umumnya, didalamnya terdapat berbagai faktor antara lain adalah permasalahan gizi dan pola asuh serta terdapat juga faktor penyebab lainnya seperti sanitasi yang menjadikan anak terindikasi stunting. Didalam kondisi stunting juga dapat digambarkan melalui status pada gizi didalam tubuh balita yang kurang selama masa pertumbuhan dan perkembangan awal masa kehidupan yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi anak pada usia periode 1000 HPK (1000 Hari Pertama Kehidupan).Hasil penelitian menunjukan bahwa Evaluasi Program Sodakoh Canting Sebagai Upaya Penurunan Stunting DiKelurahan Kober Kecamatan Purwokerto Barat berjalan baik baik. Hal ini didasarkan pada aspek yang diteliti. Aspek kecukupan sesuai hasil penelitian telah terjadi kesesuaian antara tujuan pelaksanaan dan realisasi program. Kemudian pada aspek responsivitas telah terjadi respon baik dari pelaksana program terkait dengan hambatan yang ditemukan yaitu sanitasi, yang mana kelurahan Kober telah membuat IPAL (Instalasi Pembuangan Air Limbah) secara bersama yang terletak di RW 6. Selanjutnya pada aspek yang terakhir yaitu ketepatan, berdasarkan hasil penelitian, keluarga penerima program mengungkapkan bahwa adanya makanan yang diberikan merasa cukup untuk pemenuhan gizi anak sehingga merasa terbantu dengan adanya program Sodakoh Canting.Berdasarkan hasil penelitian diatas peneliti memberikan rekomendasi untuk peningkatan inivasi program Sodakoh Canting kedepannya, antara lain : berinov asi untuk membuat kegiatan treatmen secara batin dan mental kepada orang tua bayi dan bayi juga untuk pola hidup yang lebih baik serta memperhatikan juga lingkungan sekitar seperti area kumuh dan aliran air yang kumuh.

Full Text:

PDF

References


Munir, Z., & Audyna, L. (2022). Pengaruh edukasi tentang stunting terhadap pemgetahuan dan sikap ibu yang mempunyai anak stunting. Jurnal Keperawatan Profesional, 10(2), 29-54.

Toriqularif, M. (2019). Penelitian evaluasi pendidikan. Addabana: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 66-76.

Dinas Kesehatan. (2023). Penanganan Stunting Kabupaten Banyumas.

Dinkominfo Kab. Banyumas (2022).

Prasetyo, D. E., Damrah, D., & Marjohan, M. (2018). Evaluasi Kebijakan Pemerintah Daerah dalam Pembinaan Prestasi Olahraga. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(2), 32-41.

Situmorang, L. S. (2023). Implementasi Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting (Studi Kasus di Kelurahan Sicanang Kecamatan Medan Belawan) (Doctoral dissertation, Universitas Medan Area).

Permatasari, I. A. (2020). Kebijakan Publik (Teori, Analisis, Implementasi Dan Evaluasi Kebijakan). TheJournalish: Social and Government, 1(1), 33-37.

Pujasastawa, IBG (2016). Teknik wawancara dan observasi untuk mengumpulkan informasi. Universitas Udayana. 4.

Siregar. NSS (2002). Metode dan Teknik Wawancara.

Rahardjo, M. (2011). Metode pengumpulan data penelitian kualitatif.

Rukin, S. P. (2019). Metodologi penelitian kualitatif. Yayasan Ahmar Cendikia Indonesia.

Ridha, N. (2017). Proses penelitian, masalah, bariabel dan paradigma penelitian. Hikmah. 14(1). 62-70.

Anggara, S. 2015. Metode Penelitian Administrasi

Kaharuddin, K. (2021). Kualitatif :Ciri dan karakter Sebagai Metodologi.

Equilibrium: Jurnal Pendidikan. 9(1). 1-8.

Sarosa, S. (2021). Analisis data penelitian kualitatif. Pt Kanisius.

Lahmadi, L., Multazam, A. M., & Kurnaesih, E. (2021). Evaluasi Kunjungan Balita Ke Posyandu Di Masa Pandemi COVID-19 Di Puskesmas Totikum Kab. Banggai Kepulauan. Journal of Muslim Community Health 2(3). 138-153.

Hidayat, M. (2022). Pencegahan Kasus Stunting melalui Program Dapur Sehat Stunting (DASHAT) di Desa Tambi. Servis: Jurnal Pengabdian dan Layanan kepada Masyarakat, 1(01), 31-37.

ANNA MARCELINA SONIA, SONIA (2023). EVALUASI PROGRAM PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN SELAMA 180 HARI DI DESA HEPANG KECAMATAN LELA KABUPATEN

SIKKA NUSA TENGGARA TIMUR (Disertasi Doktor UNIVERSITAS KUSUMA HUSADA SURAKARTA).

Lagiono, L., Nuryanto, N., Rudijanto, H., Maulana, M. R., & Ma'ruf, F. (2023). EVALUASI LAYANAN LAYANAN KESEHATAN LINGKUNGAN SEBAGAI INTERVENSI SPESIFIK UNTUK

MENDUKUNG AKSELERASI PENURUNAN STUNTING. LINK, 19(1), 34-42.

Priyono, P. (2020). Strategi Percepatan Penurunan Stunting Perdesaan (Studi Kasus Pendampingan Aksi Cegah Stunting di Desa Banyumundu, Kabupaten Pandeglang). Jurnal Good Governance.

Tampubolon, D. (2020) Kebijakan Intervensi Penangangan Stunting Terintegrasi. Jurnal Kebijakan Publik,11(1), 25-32.

Archda, R., & Tumangger,. (2019). Hulu-hilir Penganggulangan Stunting di Indonesia.

Pradana Putri, A., & Rong, J. R (2021). Parenting Funcioning in Stunting Management : A Concept Analysis . Journal of Public Helath Research, 10(2), jphr-2021.

Mutiarasari, D., Miranti, M., Fitriana Y., Pakaya, D., Sari, P., Bohari, B…& Hadju, V. (2021). A Determinant Analysis of Stunting Prevelence on Under 5-Year-Old Childern To Estabilish Stunting Management Policy. Open Accses Macedonian Journal of Medical Sciences, 9(B), 79-84.

Hidayat, B.A., & Erlyn P. (2021). Stunting and Poverty Management Strategies in the Palembang City, Indonesia. Randwick International of Social Sciense Journal, 2(2), 86-99.




DOI: https://doi.org/10.56681/da.v21i1.159

Article Metrics

Abstract view : 8 times
PDF - 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Majalah Ilmiah Dinamika Administrasi (MIDA) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Wijayakusuma Purwokerto