PENGOLAHAN SAMPAH MENJADI KOMPOS SKALA KAWASAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE OPEN WINDROW BERGULIR Studi Kasus Pengolahan Sampah di Perumahan Griya Satria Bantarsoka Purwokerto

Autor(s): Chrisna Pudyawardhana
DOI: 10.53810/jt.v7i2.9

Abstract

Abstraksi

 

Keterbatasan lahan untuk menampung sampah kota di TPA, disamping efek sosial yang ditimbulkan dari keberadaan TPA, menjadikan kebijakan pemerintah terhadap pengolahan sampah diprioritaskan pada pengolahan sampah pada sumbernya. Pada skala yang paling kecil adalah pengolahan sampah di rumah tangga. Apabila memungkinkan, maka dibuat pengolahan sampah menjadi kompos dengan menggunakan prinsip 3R (Reuse, Recycle, Reduce) di skala kawasan.

Studi ini yang dilaksanakan di Perumahan Griya Satria Bantarsoka, bertujuan mengolah sampah menjadi kompos dengan menerapkan prinsip 3R.

Dengan pengolahan sampah ini, diharapkan bahwa volume sampah yang dibuang ke TPA menjadi bisa direduksi, disamping dapat mengatasi masalah yang dihadapi oleh sebagain warga perumahan terhadap bau yang ditimbulkan oleh TPS. Bahkan kompos yang dihasilkan dapat digunakan untuk menyuburkan tanaman dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

Kata Kunci: Open Windrow, 3R, Purwokerto.

Full Text:

PDF