PAPAN REKLAME: SUATU DILEMA ANTARA ASPEK EKONOMI DAN ESTETIKA KOTA

Autor(s): DWI JATI LESTARININGSIH, YOHANA NURSRUWENING
DOI: 10.53810/jt.v15i2.141

Abstract

Papan reklame merupakan media luar ruang yang berfungsi sebagai sarana promosi
untuk memenangkan persaingan pasar. Jangkauan papan reklame hanya sejauh jangkauan
visual, tentu saja agar papan reklame dapat menjangkau kawasan yang lebih luas
diperlukan lokasi strategis, dimensi cukup besar dan warna-warna menyala. Hal tersebut
membuat ruang kota khususnya koridor komersial berkembang fungsinya menjadi arena
promosi. Sejalan dengan perkembangan ekonomi dan perkembangan kota, fungsi koridor
mengalami perkembangan sebagai sarana informasi untuk memenangkan persaingan pasar.
Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh papan reklame terhadap estetika
koridor komersial di kota Purwokerto. Lokasi penelitian berada di penggal jalan Jenderal
Soedirman koridor komersial terpanjang di kota Purwokerto dengan berbagai fungsi
bangunan yang membentuknya. Elemen pembentuk koridor akan mempengaruhi karakteristik
pemasangan papan reklame.
Metode penelitian yang dipakai adalah metode kualitatif rasionalistik, suatu metode
holistik yang menekankan pemaknaan empirik dan pemahaman intelektual berdasar pada
grand concept. Untuk menentukan sampel lokasi papan reklame digunakan teknik area
sampling, dengan jumlah sampel proporsional. Teknik analisis yang digunakan adalah
analisis deskriptif kualitatif
Hasil penelitian menunjukkan keberadaan papan reklame sangat dilematis. Dari aspek
ekonomi papan reklame merupakan media yang efektif untuk propmosi serta dapat
meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui pajak reklame. Dari aspek
perancangan kota papan reklame merupakan elemen fisik yang dapat mempengaruhi estetika
kota. Temuan penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan negatif papan
reklame terhadap estetika kota Purwokerto. Pengaruh positif Papan reklame adalah sebagai
identitas bangunan dan kawasan komersial, menjadi eye catcher dan membuat irama tidak
monoton. Pengaruh negatif adalah terjadinya polusi visual akibat penumpukan papan
reklame pada zona-zona strategis, skala yang tidak proporsional sehingga wajah bangunan
tidak tampak lagi. Faktor yang memengaruhi estetika tersebut adalah: lokasi, proporsi,
keterpaduan, irama, serta warna.
Kata kunci: Papan reklame, koridor komersial, estetika kota

Full Text:

PDF