ANALISIS DEFORMASI FLOATING PILES SEBAGAI PERKUATAN TANAH LUNAK DI BAWAH GEOGRID-REINFORCED EMBANKMENT

Autor(s): Adhe Noor Patria
DOI: 10.53810/jt.v12i2.78

Abstract

Oleh: A. Adhe Noor PSH#1

e-mail : adhe_noorpatria@yahoo.co.id

Staf Pengajar pada Jurusan Teknik, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto

 

Abstraksi

Tanah lunak merupakan jenis tanah yang mendominasi sebagian besar wilayah di Indonesia. Jenis tanah ini memiliki perilaku yang khas sehingga sebagian besar kosntruksi yang berdiri pada tanah ini akan menemui beberapa kendala seperti penurunan tanah yang tinggi besar dan laju konsolidasi yang tinggi. Salah satu alternatif untuk menyelesaikan masalah ini adalah dengan penggunaan geogrid pada dasar kosntruksi atau penggunaan kombinasi geogrid dan floating piles di dasar konstruksi seperti contoh pada konstruksi embankment.

Perilaku kosntruksi perkuatan yang berupa kombinasi geogrid – floating piles di dasar embankment dipelajari lanjut dengna menggunakan simulasi numeris berbasis Plaxis Versi 7.2. Pada simulasi ini, konstruksi timbunan dan perkuatan (geogrid dan floating piles) dimodelkan sebagai plane strain. Pelaksanaan konstruksi dilakukan secara bertahap (staged construction) dan laju konsolidasi tanah dasar diamati.

Berdasar hasil simulasi, kita dapat mengetahui deformasi floating piles pada area utama seperti pada kaki (toe) dan Pusat (center) embankment). Pada daerah kaki timbunan (toe of embankment), perpindahan horisontal floating piles hanya ditahan oleh kondisi penjepitan (fixed) geogrid di salah satu sisinya saja sehingga dimungkinkan terjadinya penyaluran beban embankment dalam bentuk perpindahan horisontal yang lebih besar dari pada di area center line of embankment. Pada area center line of embankment sedangkan pada area di tengah embankment, floating piles berada di antara dua buah kondisi penjepitan geogrid, kondisi ini menyebabkan beban yang diterima oleh floating piles berasal dari geogrid dan tanah timbunan. Beban yang berasal dari geogrid; yang merupakan gaya tarik terhadap pile caps; cenderung menyebabkan perpindahan horisontal sedangkan beban tanah timbunan di atas pile caps cenderung menyebabkan perpindahan vertikal. Nilai perpindahan vertikal floating piles cenderung lebih besar dari pada perpindahan horisontal karena perpindahan horisontal floating piles ditahan oleh perkuatan geogrid.

 

Kata Kunci : floating piles, goegrid, pile caps, perpindahan horisontal

Full Text:

PDF