ANALISIS KESUKSESAN PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK MENGGUNAKAN MODEL DELONE-MCLEAN DAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)

Autor(s): EKO SUDARYANTO, DODY WAHJUDI
DOI: 10.53810/jt.v22i1.397

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesuksesan penerapan Sistem Informasi Akademik dengan
memadukan model Delone Mclean dan Technology Acceptance Model (TAM). Populasi penelitian ini
adalah Dosen, Karyawan dan mahasiswa yang berjumlah 359 responden, metode sampling menggunakan
purposive sampling, sedangkan sampel yang memenuhi kriteria berjumlah 139 responden. Kuesioner diuji
dengan uji reliabilitas dan uji validitas, selanjutnya dilakukan pengujian menggunakan pemodelan
Struktural Equation Model (SEM) dengan software SPSS Amos 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pengguna menerima dengan baik untuk penggunaan Sistem Informasi Akademik yang dapat dilihat bahwa
hampir semua variabel (Kualitas sistem, kualitas layanan, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi
kemanfaatan, niat perilaku penggunaan dan kepuasan pengguna) berpengaruh secara signifikan. Dengan
demikian penggunaan Sistem Informasi Akademik dapat diterima untuk proses kegiatan belajar mengajar.
Kata kunci : Kesuksesan Sistem Informasi, Sistem Informasi Akademik
ABSTRACT
This study aims to analyze the success of the application of the Academic Information System by combining
the Delone Mclean model and the Technology Acceptance Model (TAM). The population of this study were
359 lecturers, employees and students, the sampling method used purposive sampling, while the sample that
met the criteria was 139 respondents. The questionnaire was tested with reliability and validity tests, then
tested using the Structural Equation Model (SEM) modeling with SPSS Amos 22 software. service quality,
perceived ease of use, perceived usefulness, intended use behavior and user satisfaction) have a significant
effect. Thus the use of Academic Information Systems can be accepted for the process of teaching and
learning activities.
Keywords: Information Systems Success, Academic Information Systems

Full Text:

PDF