Efektivitas Pelayanan Informasi Perizinan Melalui Website (www.dpmptsp.tegalkab.go.id) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Tegal

Johar Mamuri, Merintha Suryapuspita

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk membahas tentang Efektivitas Pelayanan Informasi melalui Website (www.dpmptsp.tegalkab.id) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Tegal. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, studi putaka dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa efektivitas pelayanan informasi perizinan secara online di DPMPTSP Kabupaten Tegal terlihat belum berjalan secara efektif karena kurangnya sarana prasarana, terbatasnya biaya dan masih sedikitnya sumber daya manusia yang memiliki keahlian khusus di bidang teknologi informasi.

Kata Kunci : Efektivitas, Pelayanan Publik, Perizinan.

ABSTRACT

The purpose of this study is to discuss the effectiveness of information services through the website (www.dpmptsp.tegalkab.id) at the Tegal Regency Investment and One Stop Integrated Service (DPMPTSP). The research method used is descriptive method with a qualitative approach with data collection techniques through observation, literature studies and interviews. The results of the study show that the effectiveness of online licensing information services at the Tegal Regency DPMPTSP does not appear to be running effectively due to the lack of infrastructure, limited costs and the lack of human resources with special expertise in the field of information technology.

Keywords: Effectiveness, Public Service, Permissions.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.56681/da.v18i1.34

Article Metrics

Abstract view : 208 times
PDF - 151 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Majalah Ilmiah Dinamika Administrasi (MIDA) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Wijayakusuma Purwokerto