KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN PADA KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PURBALINGGA

Melly Silfianita, Taufik Purboyo

Abstract


Population administration services are a series of activities to organize and control population documents and data that are continuous. With quality public services, it will increase the satisfaction of service users. However, in reality, the services carried out by the government show almost the same symptoms in various government service sectors which lead to public dissatisfaction as consumers, one of which occurs in Purbalingga Regency, especially at Dinpendukcapil. This study aims to analyze and describe the quality of population administration services at the Population and Civil Registration Office of Purbalingga Regency. The method used in this research is descriptive qualitative. The data used are primary and secondary data obtained through observation, interviews and documentation. The results showed that the quality of population administration services at Dinpendukcapil Purbalingga Regency was not optimal. Based on the results of the study, it can be recommended that the quality of population administration services at the Purbalingga Regency Dinpendukcapil Office needs to improve facilities and infrastructure and further improve how population administration services are provided.

Full Text:

PDF

References


Abdussamad, Juriko. 2019. Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Gorontalo. Universitas Negeri Gorontalo. Gorontalo

Adrian, F., Singkoh, F., & Sampe, S. (2020). Kualitas Pelayanan Publik Bidang Kependudukan di Pulau Marore (Studi Kasus di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kepulauan Sangihe). Jurnal Eksekutif, 2(5).

Andriansyah, A. (2021). Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kampar. Jurnal Syntax Transformation, 2(04), 422-432.

Antonius Andrianto, 2016. KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR SIANTAN HULU KERALA KABUPATEN PONTIANAK UTARA. PublikA Jurnal Ilmu Administrasi Nasional (e-Journal), 5 (3)

Assegaff, Muhammad, 2009. “Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan”. Jurnal Ekonomi Bisnis, Vol 10 No.2.

Atik, dan Ratminto. 2013. Manajemen Pelayanan, di Sertai Dengan Pengembangan Modal Konseptual, Penerapan Citiz’s Charter Dan Standar Pelayanan Minimal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Barata. 2004. Pelayanan Prima. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Gafar, Masrin. 2021. Kualitas Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tolitoli. Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Administrasi Negara. Universitas Madako Tolitoli. Tolitoli

Hardiansyah, 2011. Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator, Dan Inflementasinya. Yogyakarta: Gava media.

Handayaningrat, Soewarno. 1994. Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen. Jakarta: Hj Masagung

Ibrahin, Amin. 2008. Teori dan Konsep Pelayanan Publik serta Implementasinya.

Jakarta: Mandar Maju

Juriko, A. (2019). Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Gorontalo. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik.

Komarudi, D. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tapanuli Selatan.

Lestari, R. V. O. R., Rusli, Z., & Yuliani, F. (2020). Kualitas Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Jiana (Jurnal Ilmu Administrasi Negara), 16(1), 118–123

Lupiyoadi dan Hamdani, 2006, Manajemen Pemasaran Jasa, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Matthew B. Miles, A. Michael Huberman, & Johnny Saldana (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. 3ed. Los Angeles. Sage Pub. P. 33

Maulana, D. (2021). Metode Penelitian Administrasi. Banten: CV. AA RIZKY.

Megawati, M. Widyastuti, Y & Riswanda, R. (2018). KUALITAS PELAYANAN DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SERANG TAHUN 2018 (Disertasi Doktor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa).

Moenir, 2008. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Moleong, Lexy. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Jakarta: Remaja Rosda Karya.

Mosso, A., Singkoh, F., & Sumampouw, I. (2018). Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Maybrat Provinsi Papua Barat. Jurnal Eksekutif, 1(1).

Muniman, M., Said, M. M. U., & Sekarsari, R. W. (2022). KUALITAS PELAYANAN PUBLIK ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SAMPANG. Respon Publik, 16(10), 95-105.

Wani, A. (2018). KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN MEMPAWAH. PublikA, Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 7(3).

Purba, K. (2020). Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Pada Upt Disdukcapil Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Jurnal Administrasi Publik, 11(1).

Putra, Fadhilla. 2012. New Publik Governance. Malang: UB Press

Ridwan HR. 2016. Hukum Administrasi Negara. Yogyakarta Edisi Revisi: UII Press

Siagian, Sondang P. 2001. Filsafat Administrasi Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara

Supriyanto, Ernawaty, 2010. Pemasaran Industri Jasa Kesehatan. Yogyakarta:Andi.

Tjiptono, Fandy. 2005. Strategi Pemasaran. Andi Offset. Yogyakarta

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa Prinsip, Penerapan & Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi

Trilestari, E.W. 2004. Model Kinerja Pelayanan Publik dengan Pendekatan Systems Thinkinks and Systems Dinamics. Disertasi. Depok : FISIP UI

Peraturan:

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

Undang-Undang No. 24 Tahun 2013, Tentang Administrasi Kependudukan.

Peraturan Daerah Kabupaten Purbalingga No 3 Tahun 2020 tentang pelayanan publik




DOI: https://doi.org/10.56681/da.v21i2.196

Article Metrics

Abstract view : 6 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Majalah Ilmiah Dinamika Administrasi (MIDA) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Wijayakusuma Purwokerto