PENERAPAN METODE DESIGN THINGKING PADA PERANCANGAN UI/UX APLIKASI PERPUSTAKAAN MOBILE

Autor(s): Eko Sudaryanto, Dody Wahjudi, Tri Watiningish
DOI: 10.53810/jt.v24i2.508

Abstract

Abstrak

Perpustakaan merupakan salah satu tempat bagi mahasiswa dalam mencari informasi seperti buku, jurnal atau referensi. Mahasiswa dapat melakukan peminjaman buku di perpustakaan. Untuk mencatat peminjaman dan pengembalian buku yang dilakukan mahasiswa perpustakaan sudah menggunakan sistem informasi perpustakaan. Sistem perpustakaan ini masih memiliki beberapa kekurangan, yaitu tidak adanya pemberitahuan bagi mahasiswa dalam pengembalian buku sehingga mahasiswa sering lupa mengembalikan buku dan terjadi keterlambatan pengembalian, mahasiswa dalam mencari buku masih dilakukan secara manual dengan mendatangi setiap rak. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melakukan perancangan User Interface/User Experience aplikasi perpustakaan mobile. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Design Thingking. Perancangan aplikasi  perpustakaan mobile  dengan metode Design Thingking terdiri dari lima tahapan yaitu: empathize, defineideate, prototype, dan test. Untuk pengujian prototype aplikasi perpustakaan mobile  untuk pengukuran usability menggunakan metode System Usability Scale (SUS). Hasil penelitian berhasil dibuat rancangan Aplikasi Perpustakaan mobile dengan metode design thinking. Didapatkan hasil pengujian prototype aplikasi perpustakaan mobile  untuk pengukuran usability dengan metode System Usability Scale (SUS) mendapatkan nilai rata-rata 77,25 dengan level A, acceptability ranges : acceptable, grade scale : A, dan adjective ratings : Excellent.

 

Kata Kunci: Perpustakaan, Design Thingking, Mobile.

Full Text:

PDF