PERENCANAAN TAMAN HIBURAN DENGAN KONSEP ARSITEKTUR TROPIS DI KABUPATEN BANYUMAS

Autor(s): Badingatus Solehah, Yohanes Wahyu Dwi Y, Dwi Istiningsih
DOI: 10.53810/jt.v24i2.506

Abstract

Abstrak

Taman hiburan adalah tempat hiburan dan pariwisata yang merupakan bisnis modern dan canggih. Perkembangan ide bisnis di taman hiburan ini melayani kebutuhan masyarakat dengan kebutuhan wisata yang semakin tinggi. Kabupaten Banyumas adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kabupaten ini sangat strategis dan memiliki perkembangan yang cukup pesat. Hal ini memungkinkan terjadinya pemerataan pembangunan di wilayah sekitarnya. Pesatnya perkembangan di Kabupaten Banyumas berbanding lurus dengan pesatnya perkembangan pariwisata di Kabupaten Banyumas yang tercermin dari bertambahnya daya tarik wisata alam dan buatan yang menyebabkan persaingan yang ketat untuk menarik pengunjung.

Lokasi yang akan dibangun taman hiburan disesuaikan dengan RTRW kota yang ada di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Diharapkan lokasi tersebut mampu memenuhi kebutuhan ruang terbuka yang dijadikan sebagai taman hiburan yang menjadi faforit masyarakat. untuk metode pengumpulan data penulis menggunakan metode pengumpulan informasi secara langsung dari sumber atau pihak aslinya, dan data data yang dikumpulkan dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Banyumas, Dinas Pariwisata Kabupaten Banyumas, taman hiburan, dan majalah arsitektur tropis, dan internet. dari data tersebut diperoleh hasil berupa dokumentasi maupun tulisan.

Penerapan dari konsep arsitektur tropis pada perencanaan taman hiburan dengan menerapkan berbagai elemen yang bisa mengatasi masalah iklim yang ada pada site dengan memanfaatkan sumber daya yang ada berupa bahan material maupun cahaya matahari dan hujan. Mengaplikasikan bebebrapa macam cara untuk memanfaatkan cahaya matahari. Vegetasi juga dimanfaatkan dalam penerapan konsep asritektur tropis. penerapan elemen tersebut diharapkan mampu mengatasi kondisi iklim panas maupun hujan. diharapkan pada saat kondisi panas terik maupun hujan pengunjung tetap merasa nyaman dan aman.

 

Kata kunci: Taman Hiburan, Kabupaten Banyumas, Arsitektur Tropis

 

Full Text:

PDF