UJI PEMBEBANAN PADA SISTEM STRUKTUR “CYLINDRICAL SHELL†DITOPANG KOLOM

Autor(s): Yohana & Wita Nursruwening & Widyandini
DOI: 10.53810/jt.v10i2.50

Abstract

ABSTRAK


         Bentuk struktur permukaan bidang yang merupakan struktur cangkang atau shell, di alam dapat ditemukan pada bentuk perisai dari tumbuh-tumbuthan maupun binatang, meskipun bentuknya tipis, tapi kuat dan kokoh. Seperti kulit labu yang kering, kulit telur, kulit kerang dan tempurung kepala kita. Ciri-ciri dari perisai yang kokoh adalah bentuknya yang lengkung dan berbahan keras dan padat.

          Cangkang pada umumnya menerima beban merata yang dan dapat menutup ruangan besar dibandingkan dengan tipisnya pelat cangkang tadi. Oleh karena itu struktur cangkang paling baik digunakan pada bangunan dengan bentang besar tanpa pembagian pada interior seperti stadion, stasiun, pasar, masjid exibition hall, dang bangunan bentang besar lainnya.

Ketahanan pada cylindrical shell lebih besar karena tegangan-tegangan tekan hanya terjadi di sebagian dari permukaan atas dalam arah memanjang, bagian atas merupakan bahaya tekuk besar yang merupakan titik lemah dari struktur ini. Berhubungan dengan tegangan tekan pada cylindricall shell utama dan tegangan tekan pada kantilever mengakibatkan bahaya tekuk pada sambungannya.

 

Kata kunci: struktur cangkang, bentang lebar, tipis, keras, kuat, ulet

Full Text:

PDF