Peningkatan Kelas Bandar Udara Tunggul Wulung Cilacap Ditinjau dari Kebutuhan Landas Pacu

Autor(s): Dwi Sri Wiyanti
DOI: 10.53810/jt.v17i2.274

Abstract

ABSTRACT
The increasing number of passengers and aircraft movements annually in Cilacap Wulung Tunggul service indicates the need to increase the airport's class interests udarasehingga transportation development can serve larger aircraft in service Wulung Tunggul Cilacap. The length of airport runways Tunggul Wulung existing Cilacap is 1,400 m with a width of 30 m. Runway length evaluated using calculation methods ARFL for existing aircraft and aircraft plans.
Seeing the results of the calculation method is ARFL using existing air aircraft with Cessna Grand Caravan C208B, Piaggio P180 Avanti and Short Brother SD 360 is still unsafe to land at the airport Tunggul Wulung Cilacap needs the longest runway of 1300 m.
Calculation of the runway for a flight plan using Boeing 737-300 ARFL method requires long airport runway over 2000 m. So to Cilacap Wulung Tunggul service can serve the entire flight plans, airport runway length to be extended by 600 m.
Keywords: Runway, Existing Aircraft, Aircraft Plans
ABSTRAK
Meningkatnya jumlah penumpang dan pergerakan pesawat terbang setiap tahunnya di Bandara Tunggul Wulung Cilacap mengindikasikan perlunya peningkatan kelas bandara untuk kepentingan perkembangan transportasi udarasehingga dapat melayani pesawat yang lebih besar di Bandara Tunggul Wulung Cilacap. Panjang landasan pacu Bandar Udara Tunggul Wulung Cilacap existing adalah 1.400 m dengan lebar 30 m. Panjang Runway di evaluasi dengan menggunakan perhitungan metode ARFL untuk pesawat existing dan pesawat rencana.
Melihat hasil perhitungan dengan metode ARFL menggunakan pesawat existing yaitu pesawat terbang dengan jenis Cessna Grand Caravan C208B, Piaggio P180 Avanti dan Short Brother SD 360 masih aman untuk mendarat di Bandara Tunggul Wulung Cilacap dengan kebutuhan runway terpanjang sebesar 1300 m.
Perhitungan kebutuhan runway untuk pesawat rencana jenis Boeing 737-300 menggunakan metode ARFL membutuhkan panjang runway bandara sepanjang 2000 m. Maka agar Bandara Tunggul Wulung Cilacap dapat melayani seluruh pesawat rencana, panjang runway bandara harus diperpanjang sebesar 600 m.
Kata Kunci : Runway, Pesawat Existing, Pesawat Rencana

Full Text:

PDF