TIPE KELAHIRAN TERHADAP PENAMBAHAN BOBOT BADAN HARIAN CEMPE DAN PRODUKSI SUSU LAKTASI I INDUK KAMBING PERANAKAN ETAWA DI BBPTU-HPT BATURRADEN

Setiono -(1), Doso Sarwanto(2), Susilo Rahardjo(3),


(1) 
(2) 
(3) 
Corresponding Author

Abstract


Abstrak

      Penelitian dengan judul pengaruh tipe kelahiran terhadap penambahan bobot badan harian cempe dan produksi susu laktasi I induk kambing Peranakan Etawa di BBPTU-HPT Baturraden dilakukan pada tanggal 1 September 2019 sampai 17 Januari 2020. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah induk kambing Peranakan Etawa laktasi pertama dengan kelahiran tunggal dan kembar dua masing-masing sebanyak lima belas ekor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan menelusuri catatan penambahan bobot badan harian dan produksi susu pada laktasi pertama. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji t.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan bobot badan harian memiliki rata-rata 104,89 g/ekor/hari untuk induk yang melahirkan tunggal dan 110,07 g/ekor/hari untuk induk yang melahirkan kembar dua. Produksi susu laktasi pertama sebesar 0,761 liter/ekor/hari untuk induk yang melahirkan tunggal dan 0,929 liter/ekor/hari untuk induk yang melahirkan kembar dua. Hasil analisis data disimpulkan bahwa penambahan bobot badan harian kambing PE induk yang melahirkan kembar berbeda sangat nyata dengan induk yang melahirkan tunggal. Produksi susu laktasi pertama kambing PE induk yang melahirkan kembar berbeda tidak nyata dengan induk yang melahirkan tunggal.

Kata kunci:  Kambing Peranakan Etawa, jumlah anak sekelahiran, produksi susu, penambahan berat badan harian

 

Abstract

The research entittled “The Effect of Litter Size on Daily Weight Gain and Milk Production of Peranakan Etawa (PE) Goat on Beginning Lactation Periods at BBPTU-HPT Baturradenâ€was held from September 1st, 2019 to January 17th, 2020 at BBPTU-HPT Baturraden. The material that was used in this research was 15 peranakan etawa goats, single and twins of the birth. The survey method was used to collect daily weight gain and milk production of beginning lactation periods record. The data of this research was analyzed with “tâ€-test. The result of this research showed daily weight gain average of one birth was 104, 89 g and twins were 110,07 g. milk production average of one birth was 0,761 literand twins were 0,929 liter.   The result of data analysis assumed daily weight gain of peranakan etawa (PE) goat on beginning lactation periods of twins were significant to one birth. Milk production of peranakan etawa (PE) goat on beginning lactation periods of twins were not significant to one birth.

Keywords: Peranakan Etawa goats, litter size, milk production, daily weight gain

 


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 210 times
PDF Download : 291 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.