IMPLEMENTASI PROGRAM PELAYANAN JAMKESDA DI UNIT PELAKSANA TEKNIS PUSKESMAS PURWOKERTO SELATAN KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS

Ekaswati Susilaningsih

Abstract


Kesehatan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi setiap manusia. Orang yang tidak sehat tidak dapat melakukan aktifitas apapun. Oleh karena itu setiap orang sebaiknya berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga kesehatannya. Menjaga kesehatan bias di lakukan dengan memperbaiki pola hidup sehat , makanan yang sehat, dan ber olah raga. Untuk menciptakan mayarakat yang sehat perlu adanya fasilitas pendukung seperti tempat pemeriksaan kesehatan seperti, Puskesmas, Rumah sakit, balai pengobatan, klinik dan sebagainya.

Adanya organisasi pemerintah yang bergerak di bidang kesehatan tentu akan membantu masyarakat dalam menciptakan pola hidup yang sehat, dengan berbagai macam program pemerintah, seperti penyuluhan kesehatan, pengobatan dan lain sebagainya.

Puskesmas adalah salah satu organisasi pemerintah yang bergerak di bidang pelayanan kesehatan masyarakat.Dalam penelitian ini peneliti mengambil salah satu Puskesmas yang ada di wlayah Kabupaten Banyumas yaitu Unit Pelayanan Teknis Puskesmas Purwokerto Selatan. Puskesmas ini berusaha semaksimal mungkin dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat melalui berbagai macam jenis pelayanan kesehatan. Berbagai jenis pelayanan kesehatan yang ada di Unit Pelaksana Teknis Puskesmas Purwokerto Selatan antara lain: pemeriksaan kesehatan (rawat jalan), pemeriksaan laboratorium, pemeriksaan kesehatan gigi, pelayanan imunisasi, keluarga berencana, serta pelayanan kesehatan keluarga seperti gizi dan pemberian rujukan kepada masyarakat dan lain sebagainya.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 8 times
PDF - 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Dinamika Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Wijayakusuma Purwokerto