Analisis Pelaksanaan Program Raskin di Kelurahan Purwokerto Wetan Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas

Ambari -

Abstract


Program raskin merupakan bagian dari program perlindungan sosial masyarakat dengan tujuan utama mengurangi beban pengeluaran rumah tangga sasaran (RTS) melalui penyaluran beras bersubsidi.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang berlokasi di Kelurahan Purwokerto Wetan Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas. Pengambilan data dilakukan dengan metode wawancara dan dokumentasi. Informan adalah aparat pelaksana program raskin di Kelurahan Purwokerto Wetan dan Kepala RTS-PM. Analisis dilakukan dengan model interaktif.

Berdasarkan analisis data, kesimpulan yang dapat diambil adalah (1) Aspek komunikasi: implementor program adalah Lurah, Sekretaris Kelurahan, Kasi Permas dn Bidang Pelaksana Penyaluran; sosialisasi program dilaksanakan secara intens di awal program melalui forum rapat RT; (2) Aspek sumber daya: tingkat pendidikan implementor cukup memadai dan berkompeten; Kemampuan pendanaan baru memenuhi 50% dari seluruh kebutuhan; (3) Aspek disposisi: kejujuran dan komitmen pelaksana program cukup baik. Akses masyarakat untuk menyampaikan kritik, saran, keluhan berkaitan dengan pelaksanaan program cukup terbuka; (4) Struktur organisasi pelaksana program cukup sederhana sehingga koordinasi, pengawasan dan pengendalian program cukup efektif.

 

Kata kunci:   implementasi program, komunikasi, sumber daya, disposisi, struktur birokrasi


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 26 times
PDF - 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Dinamika Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Wijayakusuma Purwokerto