STRATEGI MEMENANGKAN PERSAINGAN PADA BISNIS PERCETAKAN DI KOTA PURWOKERTO

Nirmala ., Cahyaningtyas Ria Uripi

Abstract

ABSTRAKSI

Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang secara nyata dihadapi oleh para pemilik usaha percetakan, serta merumuskan strategi pengembangan usaha untuk meningkatkan kapasitas bisnis usaha percetakan.       Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan metode deskriptif kualitatif dengan obyek penelitian pada tiga perusahaan percetakan besar di kota Purwokerto.  Tehnik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, Focus  Group  Discussion (FGD) dan studi pustaka.             

Hasil analisis melalui reduksi data diketahui bahwa bisnis percetakan merupakan bisnis dengan karakteristik khusus berbeda dengan bisnis lainnya yang dapat menjadi kekuatan dan peluang bagi pelaku bisnis.Kemajuan tehnologi merupakan faktor penting yang mendukung kekuatan sekaligus menjadi ancaman bagi bisnis percetakan.Agar dapat memenangkan persaingan, maka perusahaan dapat melakukan analisa SWOT yang kemudian dilanjutkan dengan melakukan perumusan strategi pengmbangan usaha.

Kata Kunci: Bisnis Percetakan, Analisis SWOT, dan Strategi Pengembangan Usaha

ABSTRACT

 

The purpose of this study was to identify the strengths, weaknesses, opportunities and threats faced by the real owner of a printing business, as well as formulating business development strategies to increase the capacity of business printing business. This study uses a case study approach with descriptive method qualitative research object on three major printing company in the town of Purwokerto. Data collection techniques using in-depth interviews, observation, focus group discussions (FGD) and literature.

The results of the analysis through data reduction is known that the printing business is a business with special characteristics different from other businesses that may be the strengths and opportunities for businesses. Technological progress is an important factor that supports both a strength and a threat to the printing business. In order to win the competition, then the company can undertake a SWOT analysis followed by the formulation of business development strategies.

Keywords: Business Printing, SWOT Analysis, Strategy and Business Development

Full Text:

PDF

References

DAFTAR PUSTAKA

Andhika Putri, Novi (2013). “Analisis Proses Bisnis Pada Percetakan Bhinneka Riyant”.Universitas Dian Nuswantoro Semaran. URL :http://dinus.ac.id/

Bateman, Thomas S. and Scott A. Snell (2009).Management (8 th ed.). New York : Mc Graw Hill.

Bungin, Burhan (2009). Penelitian kualitatif.Jakarta: Prenada. Media Group.

Bateman, Thomas. S & Snell, Scott A. 2008. Manajemen: kepemimpinan dan kolaborasi dalam dunia yang kompetitif. Edisi ketujuh. Jakarta: Salemba Empat.

Daft, Richard L. (2008). Manajemen (6th ed., Vol. 1).(Edward Tanujaya dan Shirly Tiolina, Trans.). Jakarta:Salemba Empat.

Davenport, Thomas H. and James E. Short. (1990). “The New Industrial Engineering: Information Technology and Business Process Redesign”, Magazine: Summer 1990.

Ebert, Ronald J. and Ricky W. Grifin. (2005). Business Essentials (5th ed.). New Jersey : Pearson PrenticeHall.

Jati, Yusuf Waluyo. (2011). Industri Grafika Tumbuh 5,3%, Retrieved from : http://www.bisnis.com/articles/industri-grafikatumbuh-5-3-percent.

Matthew B., Miles & A. Michael Huberman.(1992). Analisis Data Kualitatif, Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru, Terjemahan Tjejep Rohidi.Jakarta : UI Press.

Nirmala (1999) Persepsi Konsumen Terhadap Pelayanan Jasa Percetakan Pada “Buana Raya Offset” di Purwokerto.

Nisak, Zuhrotun. 2013. Analisis Swot Untuk Menentukan Strategi Kompetitif.journal.unisla.ac.id/pdf/12922013/4.pdf. diakses 22 Agustus 2016

Rangkuti, Freddy.(2001). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia

Satyarini, Ria& Muliadi Palesangi (2012). “Analisis Peluang dan Tantangan Pada Paguyuban Cahaya TerangSebagai UKM Pengrajin Kulit di Sukaregang Garut”. Universitas Katolik Parahyangan

Wiranata, Buyung dan Bambang Haryadi (2013). “Pengelolaan Dan Pengembangan Bisnis Percetakan Pada Pt. Ubital Offset Printing”.Jurnal Agora Vol.1 No.1 tahun 2013. Universitas Kristen Petra

https://waliartgalang.wordpress.com/2015/04/18/perkembangan-bisnis-percetakan

http://www.indonesiaprintmedia.com/jendela-berita/433-memahami-kiat-bisnis-bidang-percetakan.html

http://www.seputarukm.com/5-tips-sukses-bisnis-percetakan/

http://www.mahada.id/bisnis-percetakan-bandung/

Refbacks

  • There are currently no refbacks.